Senin, 02 Desember 2013

Perangkat Keras


Perangkat keras yang digunakan untuk akses internet meliputi : komputer, modem, dan jaringan komunikasi. Berikut akan dijelaskan masing-masing perangkat keras tersebut


1.    Komputer

Perangkat keras yang paling utama untuk mengakses jaringan internet adalah komputer. Selain  komputer masih terdapat perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses  jaringan komputer, seperti notebook, PDA, handphone dan lain-lain. Sebuah komputer dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti kecepatan processor, kapasitas harddisk, dan masih banyak yang lain.

2.    Modem

Modem merupakan suatu perangkat keras untuk komunikasi tambahan bagi komputer,  berfungsi untuk mengkonversikan signal analog (telepon) menjadi signal digital (komputer) dan demikian juga sebaliknya. Signal digital ialah signal elektronik, yang diwakili oleh angka 0 dan angka 1, angka 1 mewaili signal hidup dan angka 0 mewakili signal mati. Dengan demikian signal kombinasi angkalah sebuah komputer mampu mengkonversi data menjadi bentuk teks, grafik dan sebagainya. Sedangkan signal analog merupakan bentuk gelombang bunyi melalui kabel elektrik/telepon.
Jenis-jenis modem adalah sebagai berikut ini :
a.      Modem Internal
Modem Internal terpasang langsung di dalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan penggunakan modem internal :
1.      Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
2.      Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal :
1.      Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.
2.      Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

b.      Modem Eksternal
Modem Eksternal merupakan alat yang diletakkan di luar system unit komputer. Dengan modem inilah komputer dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan modem jenis ini jika kalian ingin memutuskan sambungan internet tidak harus mematikan system unit komputer, hanya dengan mematikan modem yang ada di luar. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
3.    Internet Servis Provider (ISP)
Internet Servis Provider (ISP) merupakan jasa pelayanan yang diberikan salah satu perusahaan untuk melayani akses internet, dimana pemakai diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, baru setelah  itu ISP tersebut memberikan User ID dan Password kepada pelanggannya.

4.    Jaringan Komunikasi

Selain peralatan diatas, satu hal yang tak kalah penting untuk dapat mengakses jaringan internet adalah jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu :
a.      Kabel Telepon
Telepon merupakan saluran komunikasi untuk mentransfer data. Sarana komunikasi ini penting untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
b.      Jaringan seluler GSM dan CDMA
GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access) selain digunakan untuk keperluan telepon, hampir semua jaringan seluler GSM dan CDMA dapat digunakan untuk mengakses internet.
c.       Jaringan kabel optic (TV Kabel)
d.      Satelit (VSAT)

Macam-macam Perangkat Keras untuk Akses Internet beserta Fungsinya

 
Nama : Kabel Koaksial
Fungsi : Diguna kan sebagai instalasi dalam ruangan/gedung dan transcaver data.
 
Nama : Modem ADSL
Fungsi : Sebagai DSL router atau residential gateway.
 
Nama : Kabel RJ-45
Fungsi : Menghubungkan network dengan hub atau antara komputer dengan komputer.
 
Nama : Crimping  Tool
Fungsi : Crimping Tool adalah sebagai alat memotong kabel, melepas pembungkus kabel, memasang konektor dll. 
Nama : Kabel Fiber Optik
Fungsi : Menghantarkan data dengan perantaraan cahaya, kabel FO juga digunakan u/ koneksi antar server dalam satu rak, dengan perangkat tertentu (tranceiver/receiver) kabel fiber optic bisa menjangkau hingga 72 Km. dengan mode operasi tertentu (single-mode / multi-mode) dan jumlah core-nya bandwidth-nya bisa "merdekaaaa". 
Nama : Router
Fungsi : Yang utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

 
Nama : Kabel UTP
Fungsi : Digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.
 
Nama : Modem
Fungsi : Dalam jaringan komputer adalah media perantara antara komputer dengan service provider internet.




0 komentar:

Posting Komentar